Menjadi Seorang Supervisor Dalam Organisasi Perusahaan
Ilustrasi - Supervisory Management |
Definisi Supervisor
- Memahami dan mampu menjalankan peranannya sebagai seorang penyelia yang efektif.
- Mampu memimpin anak buahnya dengan efektif, mampu menyusun tujuan dari bagian yang dia pimpin, mampu menjalin komitmen anak buahnya untuk diajak meraih tujuan bersama, mampu memberikan instruksi kerja dengan jelas, singkat dan meyakinkan.
- Mampu membimbing dan mengarahkan bawahan (Coaching & Counseling) untuk mencapai prestasi yang terbaik (high achievers).
- Mampu mengenali karakter anak buah dan mampu menyelesaikan persoalan motivasi dari anak buahnya dengan baik (Human Problem Analysis).
- Mampu menjalin hubungan antar relasi dan anak buah (Human Relation).
- Mampu menyusun pekerjaan tim (Team-building) dengan sistematis dan mampu mengelolanya sampai mencapai tujuan yang telah dicanangkan bersama dengan anak buahnya.
- Mampu menerapkan konsep yang diajarkan ke dalam bentuk proyek peningkatan mutu yang nyata.
Saran-Saran Saat Transisi Menjadi Manajer / Supervisor Baru,
Saat anda baru diangkat dari level Karyawan ke level Supervisor atau Manajer,
Tetap baik dan bersahabat. Namun, secara perlahan (alami) salah satu atau kedua-duanya menarik diri. Anda tidak bisa merangkap atasan sekaligus sahabat.
Jangan biarkan orang yang tadinya kawan sekarang mengintimidasi anda. Tetapi,jangan pula anda pilih kasih.
Usahakan agar semua melakukan pekerjaannya secara lebih baik dari pada saat sebelum anda diangkat sebagai supervisor mereka–melalui kepemimpinan anda.
Jangan melakukan kesalahan yang sama seperti atasan anda sewaktu anda masih karyawan biasa.
Tunjukkan kepada kawan-kawan anda bahwa sekarang anda memiliki pengetahuan tambahan yang lebih bisa membantu mereka mengembangkan diri. Tetapi jangan pernah memberikan janji yang belum tentu bisa anda tepati.
Carilah lebih banyak bantuan atasan anda saat transisi ini.
Tetap memberikan penghargaan/pengakuan kepada kawan-kawan anda jika mereka memang pantas.
Anda harus menghindari godaan untuk terjun masuk dan melaksanakan pekerjaan sendiri, kecuali hal itu memang diperlukan.
Supervisor adalah Pemimpin, yang menjalankan KEPEMIMPINAN MANAJERIAL, bukan Operator.
Peranan Supervisor memerlukan pergeseran dari “DOING” kepada “GETTING PEOPLE TO DO”.
Apa Yang Dikerjakan Seorang Supervisor
- Menyusun Program Kerja harian.
- Mengawasi jalannya pekerjaan, mengoreksi dan membimbing.
- Memberi motivasi bawahan agar bekerja sesuai rencana.
- Menjalankan fungsi manajemen.
Peran Supervisor / Pemimpin dalam Organisasi Perusahaan
Sebagai Perencana (PLANNING)
Sebagai Koordinator (ORGANIZING)
Sebagai Delegator (STAFFING)
Mengusahakan setiap pekerjaan dikerjakan oleh orang yang tepat / The Right Man on The Right Job.
Sebagai Pelaksana Pekerjaan (ACTUATING)
Sebagai Pengendali / Pengawas
Sebagai Pembimbing / Instruktur
Sebagai Administrator
Sebagai Mediator
Kesimpulan Seorang Supervisor Dalam Organisasi Perusahaan Adalah
Supervisor memainkan peranan vital dalam kelompok manajemen. mereka menambah kekuatan organisasi dengan berfungsi sebagai “linking-pin” antara kelompok manajemen dengan kelompok operation.
0 Response to "Menjadi Seorang Supervisor Dalam Organisasi Perusahaan"
Post a Comment